Home Top Ad

Penelitian Tindakan Kelas PTK.PTS SMP, Pengawas SMP Bahasa Inggris

Share:
Prinsip-prinsip yang akan digunakan dalam kegiatan pengembangan RPP pada dasarnya merupakan kaidah-kaidah atau hukum yang akan menjiwai kegiatan pembelajaran. Dalam pengembangan RPP, dapat menggunakan prinsip-prinsip yang telah berkembang dalam kehidupan sehari-hari atau justru menciptakan sendiri prinsip-prinsip baru. Oleh karena itu, dalam implementasinya di suatu lembaga pendidikan sangat mungkin terjadi penggunaan prinsip-prinsip yang berbeda dengan kurikulum yang digunakan di lembaga pendidikan lainnya, sehingga akan ditemukan banyak sekali prinsip-prinsip yang digunakan dalam suatu pengembangan RPP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru berpedoman kepada prinsip-prinsip, antara lain : 1)Memperhatikan perbedaan individu siswa; 2)Mendorong partisipasi aktif siswa; 3) Mengembangkan budaya membaca dan menulis; 4)Memberikan umpan balik dan tindak lanjut; 5)Keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi dan  pengembangannya, kegiatan pembelajaran, indikator  pencapaian kompetensi, penilaian; dan sumber belajar. 6)Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (BAN SMP, 2009: 6).

Pemenuhan prinsip-prinsip di atas itulah yang membedakan antara penerapan satu  RPP Tingkat Satuan Pendidikan dengan RPP sebelumnya, yang justru tampaknya sering kali terabaikan. Karena prinsip-prinsip itu boleh dikatakan sebagai ruh atau jiwanya RPP.Dalam mensikapi suatu perubahan RPP banyak orang lebih terfokus hanya pada pemenuhan administrasi RPP sebagai jasad dari dasar pelaksanaan pembelajaran. Padahal jauh lebih penting adalah perubahan kutural (perilaku) guna memenuhi prinsip-prinsip khusus yang terkandung dalam pengembangan RPP.


Tidak ada komentar