Home Top Ad

BUDIDAYA BURUNG LOVE BIRD CETAK ATM

Share:
LOVE BIRD  atau yang lebih beken disebut sebagai burung cinta ini mempunyai tampilan yang menarik bagi setiap orang yang melihatnya, bulunya yang halus serta warnanya yang beraneka ragam membuat burung ini sangat diminati banyak orang. Maka banyak orang yang melirik baik untuk ditangkarkan, untuk klangenan ataupun untuk lomba. Suaranya merdu dan manja semerdu harganya. Adalah Budi Manuk warga Juwiring begitu ia biasa diapnggil oleh teman-temannya, telah berhasil menangkarkan burung LOVE BIRD ini dengan sukses.
Berawal dari beternak 2 pasang , pria yang juga menjadi guru WB di salah satu sekolah negeri di Klaten, saat ini sudah mempunyai 50 pasang indukan. Berdasarkan keterangan Budi dari 50 pasang indukan tersebut, semuanya sudah berprouduksi alias sudah bertelur dan menghasilkan anakan yang siap jual. “ Budidaya love bird yang jumlahnya 50 pasang ini seperti mempunyai ATM, sewaktu-waktu kalau sudah menetas bisa langsung dijual “ Jelas Budi Manuk optimis.Penjualanya sangat mudah, ia sudah dipesan bakul baik dari pasar Depok Solo, maupun bakul tetap yang dijual kembali ke luar kota yaitu Jakarta, Surabaya dan lain-lain. “ Saya juga siap membeli kembali anakan ataupun indukannya “ Tukas Budi.
Berdasarkan keterangannya, budidaya love bird sangat gampang, karena burung cantik ini jarang terserang virus serta mudah pemeliharaannya. Untuk kandang bisa menggunakan ukuran 60x50x60 dan diberi glodog ( kandang untuk bertelur ). Untuk makanannya hanya berupa biji-bijian, kangkung dan jagung yang sangat mudah didapatkan di pasaran atau toko pakan burung. Untuk masa bertelur sekitar 10 bulan, jumlah telur rata-rata antara 4-6 butir, masa pengeraman 21 hari, untuk masa loloh oleh sang induk 1,5 bulan. Agar segera bertelur kembali biasanya diloloh oleh para peternak.
Adapun Jenis burung love bird ada 2 yang mempunyai harga berbeda-beda, Pertama  jenis KLEP terdiri dari Biru, Hijau harga per ekor Rp. 400 ribu, Kepala Emas harga per ekor Rp 750 ribu, Albino per ekor Rp 900 ribu, Pastel Kuning per ekor Rp.1.3 juta, Pastel Putih per ekor Rp 700 ribu, Lutino per ekor Rp 3 juta, Blorok per ekor Rp 3,2 juta. Sedangkan jenis yang kedua adalah Non Klep harganya sangat murah hanya Rp 150 ribu per ekor. Sejak tahun 2000 sampai sekarang harga burung love bird masih stabil dan cenderung naik terus. Budidaya burung Love Bird mudah dan menguntungkan...siapa menyusul..kami siap membantu anda, kami menyediakan indukan dan anakan bonus jasa konsultasi gratis. ( Wie )
   

Tidak ada komentar