Home Top Ad

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK MATERI POKOK PENGENALAN LAGU DAERAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA KELAS VII

Share:
Proses belajar adalah apa saja yang dihayati siswa apabila mereka belajar, bukan apa yang harus dilakukan pendidikan untuk mengajarkan materi pelajaran melainkan apa yang akan dilakukan siswa untuk mempelajarinya (Sutikno, 2007:50). Nasition dalam Sutikno, mendifinisikan proses pembelajaran adalah usaha guru untuk menciptakan kondisi atau mengatur lingkungan sedemikian rupa, sehingga terjadi interaksi  antara siswa dengan lingkungannya, termasuk guru dan alat mengajarnya. (Sutikno, 2007:51).
Proses pembelajaran, seorang pendidik dituntut untuk dapat membangkitkan motivasi belajar pada diri siswa. Budiono dalam Sutikno, menjelaskan bahwa salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa ialah bahwa seorang pendidik dapat menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga siswa menikmati kegiatan pembelajaran.
Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung  serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa merupakan syarat utama bagi berlangsungnya proses belajar mengajar yang mempunyai arti yang lebih luas, tidak sekedar hubungan antara guru dengan siswa, tetapi berupa interaksi edukatif. Dalam hal ini bukan hanya penyampaian pesan berupa materi pelajaran, melainkan penanaman sikap dan nilai pada diri siswa yang sedang belajar.
Proses belajar mengajar mempunyai makna dan pengertian yang luas dari pada pengertian mengajar. Dalam proses belajar mengajar tersirat adanya satu kesatuan kegiatan yang tidak terpisahkan antara siswa yang belajar dan guru yang mengajar, antara kedua kegiatan ini terjalin interaksi yang saling menunjang, sehingga ada beberapa peranan guru yang sangat penting yaitu terciptanya serangkaian tingkah laku yang saling berkaitan yang dilakukan dalam situasi tertentu serta berhubungan dengan kemajuan perubahan tingkah laku dan perkembangan siswa yang  menjadi tujuanya. 


Tidak ada komentar