Home Top Ad

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN SIFAT BENDA DENGAN METODE EKSPERIMEN BAGI SISWA KELAS V SD

Share:
Metode eksperimen menurut Abu Ahmadi, (2004:21) adalah: eksperimen adalah pengamatan secara teliti dalam waktu tertentu guna mempelajari gejala-gejala yang ditimbulkan dengan sengaja untuk menetapkan sifat-sifat yang ditimbulkan dengan gejala-gejala kejiwaan manusia.
Menurut Roestiyah (2001:80) yang dikutip dari (http: llsmacepiring. wordperss. coml2U08/U8/U8/metode-dan pendekatan-pembelajaran) metode eksperimen adalah suatu cara mengajar, dimana siswa melakukan suatu percobaan tentang suatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaarutya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh guru.
Dalam metode eksperimen, guru dapat mengembangkan keterlibatan fisik dan mental, serta emosional siswa. Siswa mendapat kesempatan untuk melatih ketrampilan proses agar memperoleh hasil belajar yang maksimal. Pengalaman yang dialami secara langsung dapat tertanam dalam ingatannya. Keterlibatan fisik dan mental serta emosional siswa diharapkan dapat diperkenalkan pada suatu cara atau kondisi pembelajaran yang dapat menumbuhkan-rasa percaya diri dan juga perilaku yang inovatif dan kreatif. Pembelajaran dengan metode eksperimen melatih dan mengajar siswa untuk belajar konsep IPA sama halnya dengan seorang ilmuwan IPA. Siswa belajar secara aktif dengan mengikuti tahap-tahap pembelajarannya. Dengan demikian, siswa akan menemukan sendiri konsep sesuai dengan hasil yang diperoleh selama pembelajaran.
Penggunaan teknik ini mempunyai tujuan agar siswa mampu mencari dan menemukan sendiri berbagai jawaban atau persoalan-persoalan yang dihadapinya dengan mengadakan percobaan sendiri. Juga siswa dapat terlatih dalam cara berfikir yang ilmiah. Dengan eksperimn siswa menemukan bukti kebenaran dari teori sesuatu yang sedang dipelajarinya.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan metode eksperimen adalah :
1)    Persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan
2)    Usahakan siswa untuk terli.bat secara langsung sewaktu mengadakan eksperimen.
3)    Sebelum dilaksanakan eksperimen, siswa terlebih dahulu diberikan penjelasan dan petunjuk-petunjuk seperlunya.
4)    Lakukan pengelompokan atau masing-masing individu melakukan percobaan yang telah direncanakan bila hasilnya,belum memuaskan dapat di ulangi lagi untuk membuktikan kebenarannya.
5)    Setiap kelompok atau individu dapat melaporkan hasil secara tertulis
GITONO

Tidak ada komentar