Home Top Ad

RPP KELAS 5 SD KURIKULUM 2013: Sehat itu penting/Pentingnya kesehatan diri dan lingkungan/2

Share:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan    : SD
Kelas/ Semester    : V/1 (Satu)
Tema/ Subtema/ PB    : Sehat itu penting/Pentingnya kesehatan diri dan lingkungan/2
Alokasi Waktu        : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi dasar dan indikator
PJOK
3.1. Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
3.1.1. Menyebutkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar (bola voli mini).
4.1. Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.1.1. Melakukan berbagai gerakan dalam permainan bola besar (Voli Mini: servis, passing, dan smash).

SBdP
3.3. Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
3.3.1. Menjelaskan fungsi properti tari.
4.11. Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
4.11.1. Mengamati gambar rangkaian yang menggunakan properti tari.
4.11.2. Mengidentifikasi properti tari  melalui pengamatan gambar rangkaian tari.

IPA
3.1. mendeskripsikan rangka manusia dan fungsinya.
3.1.1. Mejelaskan cara merawat rangka manusia.
4.1.Membuat bagan rangkaian manusia beserta fungsinya
4.1.1. Membuat bagan rangka manusia dengan menggunakan bahan yang mudah didapatkan.

BAHASA INDONESIA
3.2. Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air,rangkaian listrik, sifat magnet,anggota tubuh (manusia, hewan,tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1. Mengidentifikasi pentingnya manfaat air bagi makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan) dari teks.
4.2. Menyampaikan teks penjelasan tantang proses daur air,rangkaian listrik,sifat magnet,anggota tubuh (manusia,hewan,tumbuhan) dan fungsinya,serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1. Menyajikan teks tentang pentingnya air dalam kehidupan makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan)

C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan menjawab pertanyaan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara menjaga dan merawat tubuh, salah satunya dengan berolahraga dengan percaya diri.
2.    Dengan berdiskusi tentang cara melakukan teknik-teknik dasar permainan bola voli mini, siswa dapat menyebutkan cara-cara malakukan teknik-teknik dasar permainan bola voli mini dengan teliti.
3.    Dengan latihan service, passing, smash, dan membendung bola, siswa dapat melakukan service, passing, smash, dan membendung bola dengan mandiri.
4.    Dengan mengamati gambar rangka tubuh manusia, siswa dapat mengidentifikasi dan menggambarkan rangka tubuh manusia.
5.    Dengan diskusi tentang cara merawat rangka tubuh, siswa dapat menyebutkan cara-cara merawat rangka tubuh dengan cermat.
6.    Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasikan pentingnya manfaat air bagi manusia dengan tekun.
7.    Dengan mengamati gambar tentang properti tari, siswa dapat mengidentifikasi properti yang digunakan dalam tari dan menjelaskan fungsinya dengan percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
1.    Tehnik dasar bermain voli ( Servis, passing, smash, blocking ).
2.    Manfaat air bagi kehidupan manusia.
3.    Bagian rangka tubuh ( rangka kepala, rangka badan, rangka anggota gerak ).
4.    Macam-macam properti tari dan manfaatnya.

E.    Metode Pembelajaran
1.    Metode    : Ceramah, bermain, diskusi, tanya jawab
2.    Pendekatan    : Saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan)

F.    Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.    Media         : Gambar orang melakukan servis, passing, smash, dan blocking, gambar rangka tubuh, gambar orang menari.
2.    Alat        :  Bola voli, net voli, properti tari.
3.    Sumber belajar    :
Ari Subekti, dkk.2014. Buku Siswa Kelas V Tema 4 “Sehat Itu Penting”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan    Deskripsi Kegiatan    Alokasi Waktu
Pendahuluan    1.    Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa.
2.    Siswa menyampaikan pentingnya berdoa sebelum melakukan sesuatu.
3.    Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.    10 Menit
Kegiatan Inti    1.    Siswa mengamati gambar yang menunjukkan orang sedang melakukan servis, passing, smash, dan blocking. [Mengamati]
2.    Siswa memulai kegiatan pemanasan [Eksperimen]
3.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai cara merawat tubuh manusia. [Menanya]
4.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan tanggapan. [Mengasosiasikan]
5.    Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku. [mengamati]
6.    Guru memerintahkan kepada siswa untuk berdiri berkeliling dan mendengarkan penjelasan tentang cara melakukan servis, passing, smash, dan blocking. [Mengamati]
7.    Guru meminta kepada siswa untuk berlatih melakukan servis, passing, smash, dan blocking. [Eksperimen]
8.    Guru menjelaskan tentang keterkaitan antara bola voli dengan rangka tubuh manusia. [Mengamati]
9.    Siswa diminta untuk memahami dan menjelaskan mengenai kerangka tubuh manusia. [mengamati, menalar, mengkomunikasikan]
10.    Guru memerintahkan siswa untuk mengamati gambar bagian-bagian rangka tubuh manusia. [mengamati]
11.    Guru menjelaskan tentang fungsi rangka tubuh manusia. [mengamati]
12.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberikan tanggapan. [Menanya, Menalar]
13.    Guru memerintahkan kepada siswa untuk melakukan diskusi dengan kelompok kecil tentang cara merawat rangka tubuh. [Mengasosiasikan]
14.    Guru menjelaskan tentang keterkaitan materi tentang rangka tubuh manusia dengan manfaat air terhadap kehidupan manusia. [mengamati]
15.    Guru meminta kepada siswa untuk membaca teks bacaan tentang “mengapa air begitu penting bagi kehidupan”. [mengamati]
16.    Guru memerintahkan kepada siswa untuk membuat kesimpulan tentang manfaat air bagi kehidupan manusia dan lingkungan. [menalar, mengasosiasikan]
17.    Siswa menuangkan kesimpulannya berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks bacaan. [Menalar,mengasosiasikan]
18.    Guru menjelaskan tentang keterkaitan antara tubuh yang sehat dengan aktivitas yang bisa dilakukan. [mengamati]
19.    Siswa diminta untuk mengamati beberapa gambar yang menunjukkan ragam tari dan properti yang digunakan dalam tari. [mengamati, mengumpulkan informasi]
20.    Siswa diminta untuk menyebutkan properti yang digunakan dalam tari. [Mengkomunikasikan]
21.    Siswa diminta untuk membuat kesimpulan mengenai properti yang digunakan dalam tari dan menuangkan kesimpulannya berdasarkan informasi yang diperoleh dari gambar. [Mengasosiasikan, Mengumpulkan informasi]
22.    Siswa diminta untuk mengamati dan mengidentifikasi diri dan keluarganya mengenai seberapa banyak air yang diminum dalam sehari. [Mengamati, mengumpulkan informasi]
23.    Siswa diminta untuk menuliskan hasilnya pada kolom yang tersedia dalam buku. [Mengasosiasikan]
24.    Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil temuannya dihadapan teman-teman satu kelas. [Mengkomunikasikan]     190 Menit
Penutup    1.    Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang tehnik dasar bermain bola voli, rangka tubuh manusia, manfaat air, dan kegiatan yang bisa dilakukan jika tubuh sehat.
2.    Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.    Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.    10 Menit

H.    Penilaian
1.    Tehnik Penilaian
a.    Penilaian Sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
b.    Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis
c.    Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja
2.    Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Penilaian sikap










b.    Penilaian pengetahuan
    Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1.    Apa saja manfaat air bagi kehidupan manusia?
2.    Alat apa saja yang digunakan dalam olah raga bola voli?
3.    Bagaimana cara kita merawat rangka tubuh kita dengan baik?
4.    Kenapa kita harus merawat tubuh kita?
5.    Kegiatan apa saja yang bisa kita lakukan apabila tubuh kita dalam keadaan baik?
6.    Apa saja akibat bagi manusia yang kurang mengkonsumsi air putih?


c.    Penilaian keterampilan



d.    Remedial
Jawablah pertanyaan berikut ini !
1.    Bagaimana cara melakukan servis, passing, smash dan blocking dengan benar?
2.    Sebutkan manfaat rangka tubuh manusia!
3.    Apakah manfaat air bagi kehidupan manusia?
e.    Pengayaan
Lakukan kegiatan berikut ini!
1.    Lakukan tehnik servis, passing, smash dan blocking dengan benar!
2.    Temukan manfaat air bagi kehidupan manusia!
3.    Praktekkan kegiatan tari yang sudah dipelajari!

Klaten, 29 Juni 2014
Kepala Sekolah                                   Guru Kelas V

            Zulaikha Ismira, Lc                         Muh. Farkhan Surya Wijaya

Tidak ada komentar