Home Top Ad

2 Presiden RI Yang Hampir Terlupakan Dalam Sejarah Indonesia

Share:

Jika kita bertanya kepada anak-anak sekolah tentang siapa saja tokoh yang pernah menjabat presiden Republik Indonesia pasti mereka akan menjawab dengan lancar ke-7 tokoh yaitu;
1. Ir. Soekarno
2. HM. Soeharto
3. BJ. Habibie
4. KH. Abdurrahman Wahid
5. Megawati Soekarnoputri
6. Susilo Bambang Yudhoyono
7. Joko widodo

Banyak diantara kita bahwa ternyata kita masih memiliki 2 presiden yang nyaris dilupakan oleh sejarah. Tanpa peran mereka sebagi presiden, mungkin saja negara Repbulik Indonesia bisa jatuh kembali kepada penjajah Belanda.
Siapa sajakah kedua presiden Reuplik Indonesia yang wajib kita ingat kembali mengingat peran mereka begitu besar.

1. Sjafruddin Prawiranegara
 Sjafruddin Prawiranegara dilahirkan di Serang, Banten, pada tanggal28 Februari 1911 dan wafat di Jakarta, pada tangal 15 Februari 1989 (pad  umur 77 tahun) merupakan pejuang yang sangat tangguh pada masaagresi militer Belanda dan juga pernah menjabat sebagai Presiden pada Pemerintah Darurat Republik Indonesia.
Pada waktu itu Sjafruddin Prawiranegara diangkat sebagai Presiden ketika pemerintahan RI yang saat itu beribukota  di Yogyakarta  telah dikuasai oleh penjajah Belanda saat Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1948.

2. Mr. Assaat
Masa kecil Mr. Assaat dihabiskan di Dusun Kampuang nan Limo Kubang Putiah, Banuhampu, Agam, Sumatera Barat pada tanggal 18 September 1904 dan wafat di Jakarta, 16 Juni 1976 ( umur 71 tahun).Mr. Assaat  merupakan salah satu politisi dan pejuang kemerdekaan pada wal tahun berdirinya negara Republik Indoneisa. Mr. Assaat juga menjabat sebagai Presiden RI pada awal berdirinya Republik Indonesia pada  pemerintahan Republik Indonesia di Yogyakarta.

1 komentar: