Home Top Ad

Contoh Laporan PKP S1 PGSD: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISTEM PEMERINTAHAN DESA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BAGI SISWA KELAS IV

Share:
Walaupun masalah ini sering terjadi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada semua materi pokok, namun dalam hal ini peneliti mengkhususkan penelitian pada masalah yang berkaitan dengan Desa dan kecamatan Pengalaman peneliti dalam melaksanakan proses pembelajaran PKn tidak menggunakan alatperaga, sehingga hasilnya sebagian besar nilai siswa tidak mencapai100%.

Terbukti dari 21 siswa kelas IV yang mendapat kan nilai di bawah KKM ada 11 siswa  atau 62 %, dan 8 siswa atau 38 % di atas atau sama dengan  KKM. Dilihat dari hasil nilai ulangan Pendidikan Kewarganegaraan ternyata tidak ada satupun siswa yang memperoleh nilai 100. Dimana nilai tertinggi hanya  80 dan nilai yang terendah 40. Artinya siswa kelas IV SDN Telukan 04 Kecamatan Grogol  Kabupaten Sukoharjo yang bisa mencapai KKM hanya 8 anak atau 38 %.Peningkatan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan melalui model pembelajaran  kooperatif Tipe Snowball Throwingpada siklus II.

Berdasarkan temuan di atas, peneliti mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti selama ini, serta mencari beberapa beberapa masalah yang menyebabkan kurang berhasilnya dalam proses pembelajaran seperti yang peneliti paparkan di atas. Masalah-masalah tersebut antara lain: Dari 21 siswa kelas IV yang mendapatkan nilai di atas KKM hanya 8 siswa (38%).

Dari hasil identifiksi masalah di atas, maka dapat dianalisa sebagai berikut: a) Penjelasan guru masih abstrak, sehingga penanaman konsep kurang berhasil. b) Tanpa alat peraga yang kongkrit menyebabkan kurangnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran.c) Rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap suatu konsep karena kurangnya variasi guru dalam penerapan model pembelajaran.d) Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran karena siswa hanya sebagai pendengar saja.

Dari hasil identifikasi, analisis dan perumusan masalah diatas, peneliti berusaha  untuk menemukan alternatif pemecahan masalah diatas yaitu diduga penerapan model pembelajaran  kooperatif Tipe Snowball Throwingmampu meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)  tentang Desa dan kecamatan pada pesertadidik kelas IV Semester I SD Negeri Telukan 04 Kecamatan Grogol , Kabupaten Sukoharjo.


Tidak ada komentar