Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Banaran 04, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Pelaksanaan kegiatan penelitian ini ada dua siklus. Pada mata pelajaran PKn Kelas IV Semester I dengan Materi Pokok Pemerintahan Desa.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Banaran 04 Kelas IV dengan jumlah siswa 24 anak yang terdiri dari 11 siswa laki – laki dan 13 siswa perempuan. Jika dilihat dari segi perekonomian sebagian besar para siswa berasal dari golongan menengah kebawah dengan latar belakang pendidikan orang tua lulusan SD atau bahkan sampai tidak lulus.
Penelitian ini merupakan “ Penelitian Tindakan Kelas “ (Classroom Action Research) yang hakikatnya digunakan dalam rangka memecahkan masalah-masalah yang timbul dalam pembelajaran.Suharsimi Arikunto (2006: 16), mengemukakan secara garis besar ada empat tahapan dalam penelitian tindakan kelas, yakni : (1) perencanaan (planning); (2) tindakan (acting); (3) pengamatan (observing); (4) refleksi (reflecting). Keempat langkah ini berlangsung berulang. Langkah penelitian bersifat refleksi tindakan dengan “Pola Pengkajian Berdaur(siklus tindakan) .“
Tidak ada komentar