Home Top Ad

Pisang Memiliki Banyak Kegunaan

Share:
Ternyata tak hanya buahnya saja yang enak kita makan, selain buahnya(pisang) bagian tanaman lainnya ini sangat berguna. Mulai dari daun hingga akarnya banyak dimanfaatkan orang untuk berbagai keperluan. Menurut penelitian para ahli, khasiat dan manfaat dari setiap bagian tanaman pisang adalah sebagai berikut :
Umbi Batang
Umbi batng atau bonggol dapat digunakan sebagai soda untuk sabun dan pupuk tanaman. Disamping itu, bonggol yang masih muda dapat dimasak dan dimakan sebagai sayur.
Batang Tanaman
Batang tanaman pisang banyak mengandung air. Air yang terdapat di dalamnya dimanfaatkan untuk obat sakit kencing yang panas dan sebagai penawar racun. Selain itu juga bisa digunakan untuk pupuk kompos dan campuran media untuk budidaya belut.
Daun Pisang
Daun pisang banyak dimanfaatkan sebagai pembungkus aneka makanan, pakan ternak juga kompos.
Bunga Pisang
Bunga pisang atau jantung pisang memiliki kandungan lemak, protein, karbohidrat, dan vitamin yang tinggi sehingga cocok untuk sayuran.
Buah Pisang
    Buah pisang sebagai produk utama dari tanaman pisang yang mempunyai aneka kegunaan. Selain sebagai buah segar, buah pisang dapat dimanfaatkan untuk aneka makanan olahan seperti tepung pisang, sale pisang, roti pisang, keripik pisang, pisang goreng, dan lain-lain.
Pisang juga bisa dijadikan obat berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Diantaranya untuk obat luka lambung, menurunkan kolesterol, mencegah kangker usus, menjaga kesehatan jantung, dan sebagainya.

Tidak ada komentar