Home Top Ad

RPP KURIKULUM 2013 KELAS 5 SD: Sehat itu penting/Pentingnya kesehatan diri dan lingkungan/4

Share:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan    : SD N 1 Candirejo
Kelas/ Semester    : V/1 (Satu)
Tema/ Subtema/ PB    : Sehat itu penting/Pentingnya kesehatan diri dan lingkungan/4
Alokasi Waktu        : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)

    Kompetensi Inti (KI)
    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KompetensiDasar (KD) danIndikator
    PPKn
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah.
3.2.1. Menjelaskan akibat dilarangnya hak dalam kehidupan sehari –hari di rumah.
3.2.2. Menjelaskan akibat tidak dilarangnya hak dalam kehidupan sehari –hari di rumah.
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah.
4.2.1. Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap orangtua dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

    Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1. Menceritakan kembali isi teks bacaan.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1. Menulis cara mengatasi bencana alam berupa banjir demi kesehatan diri dan lingkungan.
    Matematika
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat.
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek.
4.8.1. Menentukan letak benda atau tempat dari denah atau peta.
4.8.2. Menggambar denah.

    IPS
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
3.3.1. Mengidentifikasi gejala alam yang sering terjadi yang berkaitan dengan kondisi geografis setempat.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3.1. Menyimpulkan cara mengatasi gejala alam yang berkaitan dengan kondisi geografis setempat.
4.3.2. Mengidentifikasi perilaku-parilaku dalam menjaga lingkungan geografis setempat.
C. TujuanPembelajaran
    Dengan mengamati peta, siswa dapat menemukan letak suatu tempat dengan menggunakan sistem koordinat dengan cermat.
    Dengan mengerjakan latihan menentukan letak 10 kabupaten yang terdapat pada peta Jawa Tengah, siswa dapat menemukan letak 10 kabupaten yang terdapat pada peta Jawa Tengah berdasarkan garis bujur dan garis lintang dengan teliti.
    Dengan berdiskusi mengenai bencana alam yang disebabkan oleh manusia, siswa dapat menyebutkan bencana-becana alam yang disebabkan oleh perilaku manusia dengan mandiri.
    Dengan studi pustaka tentang banjir, siswa menyebutkan sebab, akibat, dan cara menanggulangi banjir dengan percaya diri.
    Dengan menandai pernyataan tentang kewajiban menjaga lingkungan, siswa dapat membedakan perilaku-perilaku yang harus dilakukan dalam menjaga lingkungan dan perilaku-perilaku yang tidak boleh dilakukan dalam menjaga lingkungan dengan cermat.
D. Materi Pembelajaran
    Hak, kewajiban, dan tenggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
    Kosakata baku dan tidak baku.
    Denah, letak benda, dan sistem koordinat
    Kondisi geogerafis di wilayah Indonesia

E. Metode Pembelajaran
    Metode :  tanya jawab, diskusi, ceramah bervariasi.
    Pendekatan : saintifik [mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan]

F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
    Media         : - Gambar peta privinsi Jawa Tengah
    Gambar tentang peristiwa bencana alam
    Alat        : -
    Sumber belajar    :
    Maryanto, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas V Tema 4 “Sehat itu penting”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    Maryanto, dkk. 2014. Buku Guru Kelas V Tema 4 “Sehat itu penting”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan    Deskripsi Kegiatan    Alokasi Waktu
Pendahuluan        Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa.
    Guru mengabsen siswa.
    Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
    Guru menstimulus ide gagasan dan motivasi siswa dengan pertanyaan panduan yang ada di buku siswa.    10 Menit
Kegiatan Inti        Siswa  mengamati  peta  Provinsi  Jawa  Tengah. Siswa mengamati tempat/daerah-daerah yang ada di peta Jawa Tengah berdasarkan titik koordinatnya. [Mengamati]
    Selama kegiatan berlangsung, guru keliling dan memandu siswa-siswa yang membutuhkan penjelasan secara individual. [Mengamati]
    Siswa menentukan 10 kabupaten pada peta Jawa Tengah dengan menentukan garis bujur dan garis lintangnya. [Mengumpulkan informasi]
    Siswa  mengerjakan  latihan  secara  mandiri.[Mencoba]
    Guru memfasilitasi kegiatan dengan menjelaskan garis bujur dan garis lintang.
    Guru melakukan penilaian menggunakan Rubrik menentukan letak suatu tempat berdasarkan garis buju dan garis lintang.
    Guru mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi kelompok tentang bencana yang disebabkan karena perilaku manusia. [menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan]
    Siswa mengeksplorasi berbagai sumber mengenaibencana yang disebabkan karena perilaku manusia. [mengumpulkan informasi]
    Guru membimbing siswa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis, mengenai bencana yang disebabkan karena perilaku manusia. [mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan]
    Siswa melaporkan hasil pencariannya di depan kelas melalui kegiatan presentasi mengenai bencana yang disebabkan karena manusia. [mengkomunikasikan]
    Siswa mengamati gambar secara cermat. [mengamati]
    Siswa mengidentifikasi peristiwa yang tampak pada gambar.[mengamati, mengasosiasi]
    Siswa berimajinasi dan mengapresiasi secara mandiri. [mengasosiasi]
    Siswa mencari gambar dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai bencana banjir. [mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasi]
    Guru melakukan penilaian yang berkaitan dengan hal-hal berikut.
Hasil yang diharapkan
    Melatih keterampilan dan kemampuan siswa dalam mengumpulkan data dan fakta secara lengkap, benar, dan akurat.
    Melatih  kemampuan  analisa  siswa  terhadap  suatu  objek  yang  diamati  atau  diteliti.
    Melatih  siswa  berpikir  dan  mengambil  keputusan  berdasarkan  data  dan  fakta.
    Mengetahui  sebab,  akibat,  dan  cara  menanggulangi  banjir.
    Mengetahui  perilaku-perilaku  yang  harus  dilakukan  dalam  menjaga  lingkungan
    Siswa menandai pernyataan-pernyataan sesuai dengan sikap dan perilakunya masing-masing. [mengamati]
    Siswa mengeskpresikan jawabannya secara jujur. [mengkomunikasikan]
    Guru mengapresiasi semua jawaban siswa sehingga muncul kepercayaan diri pada diri pada siswa.  [menanya, mengkomunikasikan]
    Guru memberikan pertanyaan pada siswa tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan. [menanya, mengkomunikasikan]
    Siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah di dapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung, guru melakukan konfirmasi. [mengamati, menanya, menalar, mengkomunikasikan]
    Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan perilaku manusia yang menyebabkan terjadinya bencana, guru melakukan konfirmasi. [menanya, mengamati, mengkomunikasikan]
    Siswa menceritakan pengalamannya bersama keluarga ketika mengalami bencana alam, guru melakukan konfirmasi. [mengkomunikasikan, mengasosiasi]
    Siswa menceritakan pengalamannya bersama keluarga dalam menjaga lingkungan rumah dan sekitarnya agar tetap bersih dan sehat, guru melakukan konfirmasi. [menanya, menalar, mengkomunikasikan]    190 Menit
Penutup        Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang denah, letak benda, dan sistem koordinat, kondisi geografis di wilayah Indonesia, sebab, akibat, dan cara menanggulangi bencana alam.
    Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
    Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.    10 Menit


H. Penilaian
    Teknik Penilaian
    Penilaian Sikap: Bertanggungjawab, kritis, dan percaya diri.
    Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
    Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
    Bentuk Instrumen Penilaian
    Penilaian Sikap
No.    Nama siswa    Sikap
        Bertanggungjawab    Kritis    Percaya Diri
        Belum Tampak    Tampak    Menonjol    Belum Tampak    Tampak    Menonjol    Belum Tampak    Tampak    Menonjol
1                                       
2                                       
3                                       
4                                       
5                                       
6                                       
7                                       
8                                       
9                                       
10                                       


    Penilaian Pengetahuan
Perhatikan peta Provinsi Jawa Tengah berikut.


    Ayo Bacalah

Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang.
Letak geografis kota Semarang sekitar 110° BT dan 7°LS. Tunjukkan letak Semarang
pada gambar peta di atas. Kemudian, lingkarilah dengan pensil berwarna!
Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta di atas, kemudian tuliskan letaknya menurut
garis lintang dan garis bujur! Tuliskan dalam tabel berikut!


































Amatilah gambar berikut.



Gambar 1                    Gambar 2
 
Sumber: http://www.republika.co.id            Sumber: http://www.antaranews.com

Berdasarkan Gambar 1 dan Gambar 2 di atas, tuliskan bencana yang terjadi!

























Tandailah kewajibanmu dalam membantu orang tua menjaga lingkungan rumah. Berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai dengan perilaku yang pernah dan akan terus kamu lakukan. Berilah tanda (X) pada kolom yang tidak sesuai dengan perilaku yang tidak pernah dan tidak akan kamu lakukan.



Format Penilaian
Nama Siswa    Hasil Penilaian Pengetahuan
    Aspek 1    Aspek 2    Aspek 3
    Tercapai (√)    Belum Tercapai (√)    Tercapai (√)    Belum Tercapai (√)    Tercapai (√)    Belum Tercapai (√)
                       
                       
                       
                       
                       
Keterangan:
Aspek 1 : Menentukan 10 kota kabupaten pada peta provinsi Jawa Tengah menurut letak garis lintang dan garis bujur.
Aspek 2 : Mengenal bencana alam
Aspek 3 : Perilaku manusia yang menjaga lingkungan agar sehat dan terhindar dari bencana alam
    Penilaian Keterampilan
Rubrik menentukan letak suatu tempat berdasarkan garis bujur dan garis lintang.


































Rubrik diskusi tentang Bencana yang disebabkan karena perilaku manusia


REMEDIAL
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Sebutkan contoh-contoh bencana yang disebabkan oleh perilaku manusia!
..........................................................................................................................................................
2. Sebutkan contoh–contoh perilaku manusia dalam menjaga lingkungan!
...........................................................................................................................................................
3. Sebutkan contoh-contoh perilaku manusia yang menyebabkan terjadinya bencana!
...........................................................................................................................................................

PENGAYAAN
1. Carilah peta provinsimu.
2. Pilihlah 10 kota pada peta provinsimu, kemudian tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur.
3. Tuliskan dalam tabel berikut.


          Candirejo, 28 Juni 2014
            Kepala Sekolah                                     Guru kelas V


      (                        )                                      V. Nani Trinurwati

Tidak ada komentar