RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013
Satuan Pendidikan : SDN Manis Manja
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.2. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.11. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
4.5. Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
Bahasa Indonesia
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBdP
3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
C. INDIKATOR
Matematika
Menghitung banyak benda 1-5
Mengidentifikasi banyak benda
Menentukan benda yang lebih banyak
Menentukan benda yang lebih sedikit
Mengidentifikasi bangun segi empat
Menggambar dari bentuk segi empat
Bahasa Indonesia
Menceritakan gambar yang telah dibuat
SBdP
Menggambar bentuk baru dari bangun segi empat
Mengidentifikasi gambar
D. TUJUAN
Menghitung Banyak Teman:
1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menghitung banyak benda 1-5 dengan benar.
2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak benda 1-5 secara tepat.
3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih banyak dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih sedikit.
5. Dengan mengamati benda, siswa dapat menunjukkan benda yang banyaknya sesuai dengan jumlah gambar di buku siswa.
Mengenal Bentuk Segi Empat:
1. Setelah mengamati contoh segi empat, siswa dapat mengidetifikasi bentuk segi empat dengan tepat.
2. Setelah mengidentifikasi bentuk segi empat, siswa dapat membuat gambar baru dari bentuk tersebut dengan kreatif.
3. Dengan kegiatan menggambar siswa dapat menceritakan gambar yang dibuatnya dengan
menggunakan bahasa sendiri.
E. MATERI
Menghitung Banyak Teman
Mengenal Bentuk Segi Empat
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. 10
menit
Kegiatan
Inti Menghitung Banyak Teman
1. Guru menyampaikan bahwa hari ini akan belajar berhitung bersama teman.
2. Siswa mengamati gambar pada buku siswa.
3. Siswa menghitung jumlah siswa pada gambar.
4. Guru menanyakan berapa banyak anak laki-laki dan anak perempuan.
5. Siswa berlatih pada halaman berikutnya.
6. Siswa menghitung jumlah siswa di setiap kelompoknya dan mewarnai kotak yang jumlah anaknya lebih banyak.
7. Lalu siswa mengamati benda di sekitar kelas dan mencari benda yang banyaknya sama dengan gambar siswa yang ada di buku siswa.
8. Siswa menyampaikan hasil pengamatan kepada temannya.
9. Siswa diminta membandingkan dengan hasil pengamatan temannya. Adakah kelompok lain yang mengamati benda yang sama?
10. Adakah kelompok yang mengamati benda yang sama, tapi jumlahnya berbeda? Sebutkan pengamatan siapa yang lebih banyak?
Mengenal Bentuk Segi Empat
1. Siswa diarahkan untuk melihat bentuk-bentuk yang ada di sekitar kelas (pintu, jendela, papan tulis, dan lain-lain).
2. Siswa diminta menjelaskan bentuk masing-masing benda tersebut sesuai dengan pemahamannya.
3. Guru menunjukkan beberapa kotak bekas kemasan.
4. Siswa diminta membongkar kotak untuk dapat menemukan bahwa bentuk dasar penyusun kotak adalah bangun datar.
5. Guru memperkenalkan bangun segi empat.
6. Siswa diminta untuk membuat gambar dari bentuk segiempat sesuai imajinasi mereka kemudian mewarnai gambar tersebut.
7. Siswa bergantian menceritakan gambar kepada temannya. 150
menit
Kegiatan
Penutup Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup. 15
menit
H. SUMBER DAN MEDIA
• Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
• Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
• Buku Pengembangan Diri Anak.
• Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
• Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Aku dan Teman Baru.
• Kotak bekas pasta gigi, sabun, dan lainnya yang mempunyai bentuk dasar segi empat
• Alat mewarnai atau benda lain yang bisa digunakan untuk menghias
I. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja.
2) Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
• Pilihan ganda.
• Isian singkat.
• Esai atau uraian.
Tidak ada komentar