Home Top Ad

Download PTK SD kelas II mapel IPA Semester I

Share:
Berdasarkan data hasil tes ulangan harian yang dijadikan sebagai identifikasi kondisi awal pembelajaran IPA, menunjukkan bahwa nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 75.00 dan nilai terendah adalah 60.00. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah sebesar 64.62.  Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 64.62 < KKM yang ditetapkan dengan KKM > 65.00. Atas dasar hal tersebut siswa secara klasikal dianggap belum mencapai ketuntasan belajar.

Ditinjau dari ketuntasan belajar, dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar dengan KKM > 65.00 adalah 8 orang siswa atau 38.46% dari jumlah siswa. Sedangkan jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar adalah 5 orang siswa atau 38.46%. Berdasarkan hal tersebut, maka secara klasikal siswa kelas II semester I tahun pelajaran 2015/2016 SD Negeri Tawang 02 Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo belum mencapai ketuntasan belajar dalam pembelajaran IPA.Data ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal dapat disajikan ke dalam tabel berikut:

Berangkat dari kondisi tersebut maka diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran. Langkah tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran dengan metode demonstrasi. Melalui penerapan pembelajaran dengan metode demonstrasi tersebut diharapkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran semakin meningkat. Hal ini pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa berupa meningkatnya penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran.Data tingkat ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal selanjutnya dapat disajikan ke dalam diagram sebagai berikut:

1 komentar: