Home Top Ad

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) SD Kelas I mapel Matematika

Share:
Pada tahap pra siklus, pembelajaran diikuti oleh seluruh siswa kelas I  SD Negeri Kemasan 03 semester II Tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 13 siswa. Pembelajaran pada pra siklus lebih di dominasi oleh metode  ceramah saja. Sehingga siswa menjadi bosan dan kurang perhatian ketika pembelajaran sedang berlangsung, akibatnya siswa tidak mampu mengikuti petunjuk yang diberikan guru  Hal lain yang menyebabkan permasalahan karena guru yang memberikan penjelasan sulit dipahami sehingga siswa kurang memperhatikan penjelasan guru. Adapaun media pembelajaran yang digunakan dalam dalam pembelajaran pada pra siklus juga kurang sesuai dengan materi yang diajarkan.
Dari hasil yang ditemukan pada pra siklus, dari 13 siswa hanya ada 8 siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi atau memperoleh nilai 70 ke atas. Berdasarkan hasil tersebut  dapat dijelaskan bahwa terdapat rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap bidang studi matematika di kelas I  SD Negeri Kemasan 03 semester II Tahun pelajaran 2014/2015.

Berikut data yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran pada pra siklus tanggal 5 Pebruari 2015 siswa kelas I  SD Negeri Kemasan 03 semester II Tahun pelajaran 2014/2015  bidang studi matematika.Dari data nilai dapat disajikan dalam bentuk grafik sebagai berikut:



1 komentar:

  1. very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

    BalasHapus