Berdasarkan uraian dan teori serta kerangka berpikir di atas, maka hipotesis penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :“Melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada konsep Struktur Bahan siswa Kelas V Semester I di SD Negeri Kwarasan 02 Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014”.
Penelitian tindakan ini dilaksanakan pada Semester I Tahun pelajaran 2013/2014 selama 3 (tiga) bulan , dimulai bulan Agustus Sampai Bulan Oktober 2013.:Tempat Penelitian Tindakan Kelas ini adalah di SD Negeri Kwarasan 02, Kecamatan Grogol , Kabupaten Sukoharjo. SD Negeri Kwarasan 02 termasuk Sekolah Dasar yang berada di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Peneliti sebagai guru kelas V SD Negeri Kwarasan 02 menem,ukan masalah yang dialami oleh anak didiknya, yaitu rendahnya hasil belajar IPA.
Subyek dalam Penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kwarasan 02 semester I tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 14 siswa. Sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan aktivitas siswa belajar IPA pada konsep struktur bahan melalui penerapan metode Demonstrasi.
Data yang digunakan sebagai bahan analisis data adalah data nilai hasil belajar IPA siswa kondisi awal sebelum pelaksanaan tindakan penelitian,data nilai hasil belajar siswa siklus I, dan data nilai hasil belajar siswa siklus II. Data tersebut antara lain :
Tidak ada komentar