Home Top Ad

Contoh Laporan PKP s1 PGSD: PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA KONSEP DONGENG MELALUI PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS I SD

Share:
Berdasarkan kajian teori dan kerangka berfikir serta kenyataan di atas maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut : penggunaan model  pembelajaran talking stick untuk meningkatkan Prestasi dan motivasi belajar Bahasa Indonesia konsep dongen pada siswa kelas I  SDN Kadokan 02  Kecamatan Grogol  Kabupaten Sukoharjo  Tahun Pelajaran 2013/2014

Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan,yaitu bulan Februari  sampai dengan April  2014 Pemilihan waktu  menyesuaikan dengan jadwal materi pelajaran Dongeng pada kelas I,

Subjek penelitian ini adalah  siswa  kelas I dan guru Sekolah Dasar  Negeri Kadokan 02 Kecamatan Grogol  Kabupaten Sukoharjo.dengan jumlah siswa 22 orang,terdiri dari 11 siswa  laki-laki dan 11  siswa perempuan.Guru yang dijadikan subjek penelitian ini adalah Sri Widati ,S.Pd.SD.Objek adalah peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia  dalam dongeng    dan penerapan model  pembelajaran talking stick

Data dan sumber data penelitian ini meliputi data hasil tes tertulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia  pada kondisi awal, data hasil tes  tertulis tes siklus I,dan data hasil tes  tertulis tes siklus II. Data tersebut  adalah:: 1. Data kondisi awal,yaitu prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas I SDN Kadokan 02  semester II tahun pelajaran 2013/2014 pada kondisi awal sebelum pelaksanaan PTK. 2. Data siklus I,yaitu prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas I SDN Kadokan 02  semester II tahun pelajaran 2013/2014  pada siklus I. 3. Datasiklus II,yaitu prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas I SDN Kadokan 02  semester II tahun pelajaran 2013/2014  pada pada siklus II.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini  sebagai berikut: 1 .Data prestasi belajar Bahasa Indonesia pada kondisi awal sebelum pelaksanaan PTK dikumpulkan dengan teknik dokumentasi..Instrumen yang digunakan adalah buku daftar nilai prestasi belajar Bahasa Indonesia  Siswa kelas I SDN Kadokan 02 tentang dongeng. 2.  Data prestasi  belajar Bahasa Indonesia pada siklus I diperoleh melalui tes tertulis prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas I SDN Kadokan 02.Data prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siklus II diperoleh melalui tes tertulis Bahasa Indonesia Siswa kelas I SDN Kadokan 02  semester II tentang dongeng

Tidak ada komentar