Berdasarkan kajian teori dan kerangka berfikir serta kenyataan di atas maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut : penggunaan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan Prestasi dan motivasi belajar Bahasa Indonesia konsep dongen pada siswa kelas I SDN Kadokan 02 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014
Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan,yaitu bulan Februari sampai dengan April 2014 Pemilihan waktu menyesuaikan dengan jadwal materi pelajaran Dongeng pada kelas I,
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I dan guru Sekolah Dasar Negeri Kadokan 02 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo.dengan jumlah siswa 22 orang,terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.Guru yang dijadikan subjek penelitian ini adalah Sri Widati ,S.Pd.SD.Objek adalah peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dalam dongeng dan penerapan model pembelajaran talking stick
Data dan sumber data penelitian ini meliputi data hasil tes tertulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kondisi awal, data hasil tes tertulis tes siklus I,dan data hasil tes tertulis tes siklus II. Data tersebut adalah:: 1. Data kondisi awal,yaitu prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas I SDN Kadokan 02 semester II tahun pelajaran 2013/2014 pada kondisi awal sebelum pelaksanaan PTK. 2. Data siklus I,yaitu prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas I SDN Kadokan 02 semester II tahun pelajaran 2013/2014 pada siklus I. 3. Datasiklus II,yaitu prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas I SDN Kadokan 02 semester II tahun pelajaran 2013/2014 pada pada siklus II.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini sebagai berikut: 1 .Data prestasi belajar Bahasa Indonesia pada kondisi awal sebelum pelaksanaan PTK dikumpulkan dengan teknik dokumentasi..Instrumen yang digunakan adalah buku daftar nilai prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas I SDN Kadokan 02 tentang dongeng. 2. Data prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siklus I diperoleh melalui tes tertulis prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas I SDN Kadokan 02.Data prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siklus II diperoleh melalui tes tertulis Bahasa Indonesia Siswa kelas I SDN Kadokan 02 semester II tentang dongeng
Tidak ada komentar