Home Top Ad

Contoh Laporan PKP S1 PGSD: PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BAGI SISWA KELAS IV SD

Share:
Proses pembelajaran IPA menekankan pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan potensi agar menjelajahi dan memahami lingkungan alam sekitar. Dengan strategi picture adn picture diharapkan siswa aktif, kreatif, dan mampu bekerjasma dalam memecahkan masalah dalam kelompoknya serta meningkatkan hasil belajarnya yaitu minimal memperoleh nilai di atas KKM yaitu 72.Berdasarkan masalah di atas adanya cara pemecahan masalah tindakan yaitu diadalan penelitian tindakan kelas, penelitian dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.tindakan siklus pertama menggunakan strategi picture adn picture  tanpa bimbingan guru dan pada siklus kedua menggunakan strategi picture adn picture dengan bimbingan guru. Tidakan siklus pertama dan kedua digunakan untuk memperbaiki proses pembelajarantentang kemampuan mendeskripsikan sifat  danperubahan wujud benda siswa kelas IV SD Negeri Sanggrahan 01  pada semester II  tahun pelajaran 2013 / 2014.Guru dalam memberikan pelajaran dengan menggunakan metode ceramah terus menerus mengakibatkan siswa menjadi jenuh, siswa hanya mendengarkan saja, siswa banyak yang mengantuk. Akhirnya siswa banyak yang bosan dengan gaya mengajar guru yang monoton.

Padahal kita ketahui bahwa pembelajaran IPA merupakan cara mencari tahu tentang alam dan kehidupan secara sistematis untuk menguasai pengetahuan, fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip dan proses penemuan, dan memiliki sikap ilmiah. Pembelajaran IPA materi pokok sifat  dan perubahan wujud benda siswa kelas IV SD Negeri Sanggrahan 01  pada semester II  tahun pelajaran 2013 / 2014 berdasarkan hasil kondisi awal maka perlu adanya penelitian tindakan kelas guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar, agar siswa dapat menyenangi pembelajaran IPA maka melalui penerapan model pembelajaran picture and picture.

Dengan model pembelajaran picture and picture berguna untuk membangun tanggung jawab pribadi dan tanggung jawab kelompok juga untuk mengubah situasi belajar agar siswa tidak bosan, memberi kesempatan siswa untuk belajar dan bekerja sama dengan kelompoknya. Berdasarkan uraian di atas penulis mengadakan penelitian dengan judul “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Konsep Sifat dan Perubahan Wujud Benda  Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Sanggrahan 01  pada semester II  tahun pelajaran 2013 / 2014

Tidak ada komentar