Contoh PTK SD Kelas 5: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MENGHARGAI PERANAN PARA TOKOH PEJUANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DUA DIMENSI
Berkembangnya sikap dan nilai dari siswa dapat teraplikasi melalui salah satu bidang sutdi yaitu IPS. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebenarnya tidak hanya merupakan bidang studi hafalan atau ingatan. Hal ini disebabkan oleh keluasaan materi bidang studi ini. Di SDN Gayam 05 khususnya kelas V bidang studi IPS juga menjadi kendala, suatu bukti saat pembelajaran materi peranan tokoh para pejuang nilai ketuntasan hanya mencapai 20 % yaitu hanya 5 (lima) siswa yang mencapai nilai sama dan atau dia atas KKM. NIlai KKM bidang studi IPS untuk SD Negeri Gayam 05 adalah 70.
Juga demikian suatu bukti pada nilai UAS tahun 2012-2013 di SDN Gayam 05 Kecamatan Sukoharjo nilai IPS justru lebih rendah dibanding nilai bidang studi yang lain. Nilai rata – rata bidang studi Matematika mencapai 7,3 sedangkan nilai rata rata IPS hanya 7,2.Pengembangan berbahasa di Sekolah Dasar yang tercantum dalam Silabus termasuk salah satu bidang pengembangan kemampuan berbahasa yang antara lain: membaca, menulis dan mengungkapkan sesuatu melalui gambar, Sesuai dengan silabus Sekolah Dasar tersebut maka, pengembangan kemampuan berbahasa di Sekolah Dasar bertujuan agar anak didik mampu berkomunikasi baik secara lisan maupun tulis dengan lingkungannya. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan di sekitar anak, antara lain; lingkungan teman sebaya, teman bermain, orang dewasa, baik yang ada di sekolah, di rumah, maupun dengan tetangga di sekitar tempat tinggalnya.
Adapun dalam melaksanakan pengembangan pembelajaran di kelas guru masih sedikit menggunakan media pembelajaran yang variasi. Materi yang disampaikan guru hilang berlalu tanpa bekas atau tanpa termemori sedikitpun dalam ingatan. Dalam menggunakan metode/teknik pembelajaran pun guru juga masih belum secara maksimal mengikutsertakan siswa dalam kerja kelompok atau bersoasial. Hal ini informasi yang disampaikan hanya berfokus dari guru. Dengan adanya kerja kelompok/kerja sama dimungkinkan memori akan lebih lama bertahan dalam ingatan. Sehingga guru dapat memilih salah satu atau gabungan dari beberapa metode yang sesuai dengan kemampuan yang ingin dicapai, fasilitas, kegiatan pembelajaranyang disajikan, disesuaikan pula dengan bahan pengembangan dan kebutuhan minat, kemampuan anak serta lingkungannya.
Tidak ada komentar