Hasil penelitian yang akan dipaparkan pada bagian ini berupa deskripsi tiap siklus, deskripsi antarsiklus dan pembahasan. Hasil-hasil tersebut merupakan hasil yang diperoleh pada Siklus I maupun Siklus II.
Hasil non tes diperoleh dari hasil sebaran kuesioner motivasi belajar yang terdiri dari 30 butir. Skoring diberikan dengan rentang skor antara 1 – 5, sehingga skor yang mungkin diperoleh siswa adalah antara 30 – 150.
Hasil skoring selanjutnya dikelompokkan berdasarkan 3 ketagori motivasi belajar, yaitu: motivasi belajar rendah dengan rentang skor antara 30 – 69, motivasi belajar kategori sedang dengan rentang skor antara 70 – 109, dan motivasi belajar kategori tinggi dengan rentang skor antara 110 – 150.
Data hasil pengamatan terhadap motivasi belajar siswa pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakan dapat disajikan ke dalam tabel sebagai berikut.
Hasil tes ulangan harian yang diperoleh dari 34 orang siswa menunjukkan bahwa nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 62.0 dan nilai tertinggi adalah sebesar 76.0. Adapun nilai rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 69.53. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa ternyata masih di bawah KKM yang ditetapkan, yaitu dengan KKM > 72.00. Atas dasar hal tersebut, maka siswa kelas X AK 2 semester I SMK Negeri 4 Klaten tahun pelajaran 2013/2014 secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar pada pembelajaran Dasar-dasar Perbankan.
Ditinjau dari ketuntasan belajar, jumlah siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar dengan KKM > 72.00 adalah sebanyak mencapai 19 orang siswa atau 55.88%. Sisanya sebanyak 15 orang siswa atau 44.12% belum mencapai ketuntasan belajar.
Tidak ada komentar