Home Top Ad

Contoh Laporan PKP S1 PGSD: KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III

Share:
Dari grafik 2 tersebut dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar dari pra siklus namun belum maksimal. Dari 40 siswa hanya 25 siswa atau sekitar 62,5%  yang mengalami ketuntasan belajar dan ada 15 siswa yang masih belum tuntas yakni sekitar 35,%. Dari data tersebut pula dapat disimpulkan bahwa penguasaan materi untuk keterampilan menulis karangan dengan menggunakan gambar seri masih dikatakan belum berhasil. Maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran lagi pada siklus II.

Siklus II dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari proses pembelajaran dan hasil belajar pada siklus I yang dirasa masih belum optimal, maka dilanjutkan pada kegiatan pembelajaran siklus II. Pada siklus II siswa sudah terkondisikan dengan baik. Siswa diminta terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti siswa mengamati gambar seri dan siswa berdiskusi dengan teman sebangku tentang materi yang disampaikan.

Hasil belajar siswa setelah dilaksanakannya siklus II mengalami peningkatan yang baik. Hanya ada beberapa siswa yang belum tuntas atau masih mendapatkan nilai di bawah KKM. Hal ini dapat dilihat dari tabel di bawah ini:

Dari tabel dan grafik di atas dapat diperoleh keterangan berupa data peningkatan pembelajaran bila dibandingkan dengan siklus I, dimana terjadi peningkatan hasil belajar di atas KKM sejumlah 38 siswa dan hanya 2 siswa atau sekitar 5% yang belum mengalami ketuntasan belajar. Maka pelaksanaan pembelajaran pada siklus II dapat dikatakan berhasil

Tidak ada komentar