Home Top Ad

Contoh Laporan PKP S1 PGSD: MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN PECAHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BAGI SISWA KELAS IV SD

Share:
Untuk memperoleh data yang valid mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sidorejo 01 semester II Tahun 2013/2014 yaitu: (a) Minat dalam proses pembelajaran siswa (Pengamatan) divalidasi dengan melalui trianggulasi sumber yaitu data yang berasal dari siswa, guru, dan kolaborasi teman sejawat

Data kualitatif hasil pengamatan menggunakan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan pengamatan dan refleksi dengan membandingkan proses kondisi awal, siklus I dan siklus II, (b) Hasil belajar yang berupa nilai tes yang divalidasi adalah instrumen tes yang berupa butir soal tes dengan content validity diperlukan kisi-kisi soal. Data yang berupa angka (data kuantitatif) menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I  dan nilai tes siklus II kemudian direfleksi.


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau biasa disebut Classroom Action Research  dalam bahasa Inggris, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas atau di sekolah tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran (Susilo, 2007:16). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan/observasi dan refleksi.

Tidak ada komentar